Penjelasan Blok Bisnis Model Kanvas
Bisnis Model Kanvas adalah sebuah metode untuk membantu menganalisa kebutuhan dalam bisnis. Pada model kanvas, sebuah bisnis dibagi menjadi sembilan blok yang masing-masing memiliki kriteria yang dapat menyokong bisnis.Sembilan blok pada bisnis model kanvas dapat dibagi menjadi (angka bukan urutan baku) :
1. Mitra Utama ( Key Partners )
- Siapakah Mitra Utama Bisnis Anda?
 - Siapakah pemasok utama Bisnis Anda?
 - Sumber utama manakah yang Anda dapatkan dari mitra?
 - Kegiatan Kunci manakah yang dilakukan oleh mitra kerja
 
- Optimalisasi dan ekonomi
 - Pengurangan risiko dan ketidakpastian
 - Akuisisi sumber daya dan aktivitas tertentu
 
2. Kegiatan Utama ( Key Activities )
- Kegiatan Kunci apa yang dibutuhkan Proposisi Nilai Bisnis Anda?
 - Saluran Distribusi Anda?
 - Hubungan pelanggan?
 - Aliran pendapatan?
 
Kategori kegiatan:
- Produksi
 - Penyelesaian masalah
 - Platform / Jaringan
 
3. Sumber Daya Utama ( Key Resources )
- Sumber-sumber utama apa yang dibutuhkan Proposisi Nilai Bisnis Anda?
 - Saluran Distribusi anda?
 - Hubungan pelanggan?
 - Aliran pendapatan
 
Jenis Sumber Daya
- Fisik
 - Intelektual (paten merek, hak cipta, data)
 - Manusia
 - Keuangan
 
4. Nilai Proposisi ( Value Propositions )
- Nilai apa yang Anda berikan kepada pelanggan?
 - Yang mana dari masalah pelanggan Anda yang Anda bantu selesaikan?
 - Kumpulan produk dan layanan apa yang bisnis Anda tawarkan ke setiap target pelanggan?
 - Kebutuhan pelanggan mana yang memuaskan?
 
Karakteristik
- Kebaruan
 - Kinerja
 - Kustomisasi
 - Ketuntasan / finishing
 - Desain
 - Merek / Status
 - Harga
 - Pengurangan biaya
 - Pengurangan Risiko
 - Aksesibilitas
 - Kenyamanan / Kegunaan
 
5. Hubungan dengan Pelanggan ( Customer Relationship )
- Hubungan macam apa yang dilakukan masing-masing Pelanggan Anda terhadap bisnis Anda ?
 - Saluran hubungan yang mana yang telah Anda persiapkan untuk membantu pelanggan?
 - Bagaimana mereka terintegrasi dengan model bisnis Anda lainnya?
 - Seberapa besar biaya operasional saluran bantuan pelanggan yang Anda sediakan?
 
Contoh bentuk hubungan yang umum terjalin
- Bantuan pribadi
 - Bantuan Pribadi Khusus
 - Swalayan
 - Layanan Otomatis
 - Komunitas
 - Co-creation
 
6. Saluran ( Channel )
- Melalui Saluran mana Segmen Pelanggan Anda ingin dihubungi?
 - Bagaimana Anda menghubunginya sekarang?
 - Mana yang terbaik?
 - Mana yang paling hemat biaya?
 - Bagaimana Anda mengintegrasikannya dengan rutinitas pelanggan?
 
Tahapan Saluran Hubungan:
- Kesadaran adalah bagaimana Anda meningkatkan kesadaran tentang produk dan layanan perusahaan Anda?
 - Evaluasi adalah bagaimana cara kami membantu pelanggan mengevaluasi Proposisi Nilai organisasi kami?
 - Pembelian adalah bagaimana Anda memberikan model pembelanjaan Anda kepada pelanggan yang ingin membeli produk dan layanan tertentu?
 - Pengiriman adalah tahapan bagaimana Anda memberikan Proposisi Nilai kepada pelanggan?
 - Setelah terjual / After Sales adalah bagaimana cara memberikan dukungan pelanggan pasca pembelian?
 
7. Segmen Pelanggan ( Customer Segment )
Untuk siapa Anda menciptakan keunggulan nilai - nilai pada produk Anda?
Siapa pelanggan terpenting Anda?
- Pasar umum
 - Pasar terbatas
 - Tersegmentasi
 - Diversifikasi
 - Platform Multi-sisi
 
8. Struktur Biaya ( Cost Structure )
- Apa biaya terpenting yang ada dalam model bisnis Anda?
 - Sumber daya utama apa yang paling mahal
 - Kegiatan kunci mana yang paling mahal?
 
Kecondongan Bisnis:
- Menekan Biaya / Cost Driven (struktur biaya bersandar, proposisi harga murah, otomasi maksimum, outsourcing ekstensif)
 - Value Driven (difokuskan pada value creation, proposisi nilai premium)
 
Contoh Karakteristik:
- Biaya Tetap (gaji, sewa, utilitas)
 - Biaya dengan variabel tertentu
 - Skala ekonomi
 - Lingkup Ekonomi
 - Expertise lainnya.
 
9. Aliran Pendapatan ( Revenue Stream )
- Apa keunggulan nilai produk Anda yang benar-benar bersedia dibayar oleh pelanggan?
 - Untuk apa yang mereka bayar saat ini?
 - Bagaimana mereka saat ini membayar?
 - Bagaimana mereka lebih suka membayar?
 - Berapa banyak Revenue Stream berkontribusi terhadap pendapatan keseluruhan?
 
Jenis-jenis Aliran Pendapatan:
- Penjualan aset
 - Biaya pemakaian
 - Biaya berlangganan
 - Pinjaman / Sewa / Persewaan
 - Perizinan
 - Biaya broker
 - Periklanan
 
Fix Price
- Daftar Harga
 - Tergantung fitur produk
 - Segmen pelanggan tergantung
 - Tergantung volume
 
Dynamic Price
- Negosiasi (tawar menawar)
 - Manajemen hasil
 - Real-time-Market
 

Komentar
Posting Komentar