Metode PEST analisis itu apa? Apa bedanya PEST dengan SWOT?

Metode PEST analisis itu apa? Apa bedanya dengan analisa SWOT ?

Memahami Metode PEST.


media serpong - Metode PEST adalah sebuah metode yang digunakan untuk menganalisa bisnis, serupa dengan analisa SWOT namun bedanya PEST lebih ke arah faktor eksternal.

Mirip dengan penjabaran elemen Opportunity dan Threat pada analisa SWOT.

Analisis PEST adalah singkatan dari Politic, Economic, Social, Technology.

Pengertian analisis PEST adalah sebuah metode analisis terhadap faktor lingkungan eksternal dari sebuah bisnis yang meliputi bidang politik, ekonomi, sosial dan teknologi.

PEST digunakan manakala kita ingin menilai pasar dari sebuah unit organisasi atau unit usaha.

Arah analisis PEST adalah kerangka kerja untuk menilai sebuah kondisi, dan  menilai  strategi  atau  posisi,  arah  perusahaan,  rencana  pemasaran  atau  ide.

Dimana analisis ini dapat diambil suatu peluang atau ancaman baru (seperti dalam SWOT ) bagi perusahaan

Faktor Politik

Faktor  politik  mencakup faktor kebijakan  pemerintah,  masalah-masalah hukum, serta mencakupaturan-aturan formal dan informal dari lingkungan dimana perusahaan melakukan kegiatan.

Contoh : kebijakan tentang pajak, peraturan ketenaga kerjaan, peraturan perdagangan, stabilitas politik dan peraturan daerah.

Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi mencakup segala faktor baik dari kebijakan pemerintah ataupun trend di masyarakat yang mempengaruhi daya pembelian dari pelanggan serta semua yang mempengaruhi iklim usaha perusahaan- perusahaan.

Contoh : pajak ekspor, pertumbuhan ekonomi, standar nilai tukar,  tingkat suku bunga,tingkat inflasi, harga - harga barang dan jasa.

Faktor Sosial

Faktor sosial mencakup segala faktor kondisi masyarakat yang dapat mempengaruhi kebutuhan dari pelanggan dan mempengaruhi ukuran dari besarnya peluang pasar yang ada.

Contoh :kondisi lingkungan sosial, kondisi lingkungan kerja, tingkat pertumbuhan penduduk, tingkat pendidikan masyarakat, termasuk kondisi keselamatan dan kesejahteraan sosial.

Faktor Teknologi

Faktor teknologi meliputi segala hal yang dapat berpengaruh, baik itu dorongan positif yang membantu dalam menghadapi tantangan bisnis dan mendukung efisiensi serta efektifitas proses bisnis.

Contoh :  automatisasi,era baru logistik, aktivitas penelitian dan pengembangan teknologi, kecepatan transfer teknologi, usangnya sebuah teknologi.

Serpongku.com
Baca juga tentang:

Komentar