Apa itu Pasar Monopoli? Pengertian Monopoli

Apa itu Pasar Monopoli? Pengertian Monopoli - Monopoli adalah situasi pasar di mana satu produsen (atau sekelompok produsen yang bertindak bersama) mengontrol pasokan barang atau jasa, dan di mana masuknya produsen baru dicegah atau sangat dibatasi.

Perusahaan monopoli (dalam upaya mereka untuk memaksimalkan keuntungan) menjaga harga tetap tinggi dan membatasi output, dan menunjukkan sedikit atau tidak ada respon terhadap kebutuhan pelanggan mereka.

Oleh karena itu, sebagian besar pemerintah berusaha mengendalikan pasar persaingan tidak sempurna monopoli antara lain dengan:
(1) memberlakukan kontrol harga,
(2) mengambil alih kepemilikan mereka (disebut 'nasionalisasi'), atau
(3) dengan memecahnya menjadi dua atau lebih perusahaan pesaing.

Terkadang pemerintah memfasilitasi penciptaan monopoli karena alasan keamanan nasional, untuk mewujudkan skala ekonomi untuk bersaing secara internasional, atau di mana dua atau lebih produsen akan boros atau tidak berguna (seperti dalam kasus utilitas).

Meskipun monopoli ada dalam berbagai tingkatan (karena hak cipta, paten, akses ke bahan, teknologi eksklusif, atau praktik perdagangan yang tidak adil) hampir tidak ada perusahaan yang memiliki monopoli lengkap di era globalisasi.

Baca juga: Cara membuat Surat Izin Usaha

Komentar