Jenis-jenis Bumbu Dapur dan Manfaatnya untuk tubuh

Jenis-jenis Bumbu Dapur dan Manfaatnya

Lengkuas

Akan tetapi bagi kesehatan, manfaat lengkuas antara lain dapat menurunkan demam, mengurangi gangguan pernapasan, menjaga kesehatan mulut, hingga mengurangi resiko kanker.

Manfaat lengkuas bagi kaum ibu-ibu digunakan sebagai bumbu utama atau bahan pelengkap di setiap olahan masakan.

Kemiri

Kemiri dapat berkhasiat untuk mengatasi gigitan serangga, obat diare, obat sariawan, menyuburkan rambut, susah tidur, sembelit dan BAB.

Manfaat kemiri sebagai bahan bumbu dapur telah digunakan secara luas baik di pelosok nusantara maupun mancanegara.

Jinten Hitam (Habbatussauda)

Manfaat jinten hitam antara lain sebagai obat asma, obat alergi, menetralisir racun, anti bakteri pada saluran pencernaan dan sebagainya.

Jinten hitam telah dimanfaatkan khasiatnya bagi penyembuhan penyakit sejak dahulu kala. Jinten hitam memang tergolong tanaman herbal dan memiliki nama lain habbatussauda.

Manfaat habbatussauda yang lainnya antara lain, meningkatkan konsentrasi otak, sumber nutrisi yang sehat, hingga mengobati diabetes.

Temulawak

Khasiat temulawak salah satunya adalah menjaga fungsi hati, antioksidan, mengatasi radang sendi, menurunkan lemak darah, menjaga kesehatan kulit dan segudang manfaat lainnya bagi kesehatan.

Manfaat temulawak cukup banyak namun mungkin banyak yang belum menyadari. Tanaman ini sering menjadi racikan beragam kuliner tradisional Indonesia.

Daun Mint

Manfaat daun mint untuk kesehatan antara lain: menghilangkan rasa nyeri, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan melegakan pernapasan.

Manfaat Daun Mint yang paling terkenal adalah sebagai campuran rasa pasta gigi, campuran permen, dan makanan lainnya yang menimbulkan efek segar.

Daun Pandan

Khasiat daun pandan bagi tubuh antara lain adalah mengobati penyakit kulit (panu, kadas, kurap), dapat mencegah diabetes dan penuaan dini, serta menangkal radikal bebas.

Manfaat daun pandan lainnya bagi kesehatan: Sebagai obat pereda stres, mengatasi rambut rontok dan menghitamkan rambut, melancarkan BAB.

Cengkeh


Manfaat cengkeh bagi kesehatan antara lain: mengatasi sakit gigi, mengatasi jerawat, menghilangkan noda hitam di wajah,  meredakan flu, mengatasi mual, mengatasi sinusitis, menjaga kehangatan tubuh, dan mencegah peradangan.

Baca juga cara menghilangkan noda hitam di wajah lebih lanjut.

Daun salam

Manfaat daun salam bagi kesehatan antara lain: mengatasi masalah kolesterol, mengobati diabetes, gangguan pencernaan, asam urat, obat batuk, meredakan maag akut, mengatasi ketombe dan rambut rontok, mengobati gatal-gatal pada kulit, dan pengusir serangga.

Daun yang satu ini sering dimanfaatkan kegunaannya sebagai bumbu penyedap olahan masakan. Kandungan antioksidan dan kandungan lainnya dalam daun salam memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Serai

Bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama kaum ibu rumah tangga yang lebih sering berjumpa dengan bumbu dapur, tentu sudah tak asing lagi dengan bumbu dapur serai. Selain sebagai bumbu dapur, serai juga bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat serai bagi kesehatan antara lain:  membersihkan bakteri dan infeksi jamur, anti inflamasi, mengatasi diabetes,  detoksifikasi, insomnia, anemia, antiseptik, sebagai minyak angin, hingga tekanan darah tinggi.

Komentar